Diet Mayo (Masak Sendiri) – Part 1: Persiapan

Setelah merasa pola makan nggak terkontrol dan perut mulai membuncah, akhirnya saya memutuskan untuk ikutan diet mayo.

Diet mayo adalah diet tanpa garam (no-salt diet) selama 13 hari. Untuk aturan menu, saya pakai yang banyak beredar di Internet.  Saya lupa dapat referensi ini dapat dari mana. Waktu itu langsung comot aja. Banyak blog yang memuat referensi ini, jadi saya pikir ini banyak dijadikan acuan.

Rangkuman menu diet mayo yang beredar di Internet

Rangkuman menu diet mayo yang beredar di Internet

Secara garis besar, ini aturan diet mayo:

  • Durasi diet adalah 13 hari, dan hanya boleh dilakukan satu kali setahun.
  • No Salt. Hati-hati juga dengan bumbu pelengkap yang mengandung garam tersembunyi, seperti kecap, saus sambal, terasi, mayonaise, dsb. Budayakan membaca INGREDIENTS sebelum mencomot sesuatu.
  • Minum air 2 liter (sekitar 8 gelas) sehari. No Iced Water.
  • Makan pagi jam 7-8, makan siang jam 12, makan malam jam 18. Tidak ada makan lagi setelah jam 19.00.

Jangan anggap enteng diet ini. Dua minggu hidup tanpa garam itu hampa, seperti ada rindu yang menyesak di dada. Saya sudah pernah gagal satu kali diet mayo. Dikira 13 hari itu sebentar. Ternyata hari ke-4 saya sudah gelepar-gelepar sambil kibas-kibas bendera putih. FYI, diet mayo ini kalau gagal di tengah-tengah (misalnya, cheating minum sebotol kecap asin di hari ke-6), itu artinya harus ulang lagi dari hari kesatu. All or nothing at all, sis…

Sekarang adalah kali kedua saya diet mayo. Persiapannya sudah lebih matang. This time, I will not fail (sembari mengepalkan tangan ke udara dan hidung kembang kempis). Insya Allah.

Apa persiapan saya untuk diet mayo?

Niat yang tulus, hati yang ikhlas, dan motivasi. Kalau saya motivasinya sudah jelas ada. Tinggal lirik perut saya yang bergelambir aja sudah bisa jadi motivasi.

Untuk persiapan makanan selama 13 hari, ada 2 opsi. Yang pertama, cari katering yang menyediakan paket diet mayo. Umumnya mereka menawarkan menu yang enak meskipun tanpa garam. Jadi, diet mayo nya tidak sampai menyiksa di lidah (walau mungkin tetap menyiksa di kantong karena harga paketnya juga nggak murah).

Untuk katering diet mayo, biasanya mereka akan buka pendaftaran sampai terpenuhi kuota tertentu. Ada jadwalnya, misalnya Group 7 jadwalnya tgl 2-14 Januari. Jadi semua peserta di grup tersebut akan diet bersama selama 13 hari dan mendapatkan menu yang sama. Mesra sekali bukan?

Opsi kedua untuk diet mayo adalah dengan masak sendiri. Lebih irit secara finansial, tapi menuntut kreativitas di dapur supaya masakan masih bisa dinikmati tanpa melanggar juklak diet.

Andai di Balikpapan ada katering diet mayo, saya pasti langsung pilih opsi satu. Sayangnya, untuk sekarang saya hanya punya opsi dua. Percobaan diet mayo saya yang pertama gagal lantaran kemampuan masak saya memang masih level kampret. Masak pake garam aja masih gak enak, apalagi gak dikasih garam. Lama-lama saya gak tahan. Memang lidah saya tak bertulang, tapi bukan berarti tak berperasaan. Hiks…

Tadinya saya sudah kapok diet mayo. Sampai suatu hari saya nemu katering di Malang yang menjual sambal, bumbu masak, dan frozen food untuk diet mayo. Jantung saya langsung berdegup dan mulut saya megap-megap. Ini bagaikan melihat secercah harapan. Langsung saya order semua varian produk mereka.

Kalau sodara-sodari minat, bisa kepoin langung instagram mereka di @dietmayomalang. Produk ini selain dijual, dipake juga untuk layanan katering diet mayo mereka sendiri. Untuk pemanis, mereka pakai pemanis alami dari buah (ini saya baca dari salah satu comment mereka di instagram).

Saos, Bakso, dan Rolade dari @DietMayoMalang

Saos, Bakso, dan Rolade dari @DietMayoMalang

Sebagai gambaran, ini pricelist produk yang mereka jual dan harganya per 8 Januari 2015:

  • Saus pedas manis (125 ml), Rp 75.000
  • Bumbu soto/opor/sop, Rp 25.000
  • Bakso sapi (20 pcs), Rp 40.000
  • Bakso ayam (24 pcs), Rp 40.000
  • Rolade (20 pcs), Rp 45.000

Dengan bermodalkan juklak diet mayo di atas, saya mulai belanja dan merancang menu mayo ala saya sendiri.  Saya akan beberkan eksekusinya dalam Diet Mayo (Masak Sendiri) – Part  2: Eksekusi.

—————————–
Trilogi Diet Mayo (Masak Sendiri):
• Diet Mayo (Masak Sendiri) – Part 1: Persiapan
Diet Mayo (Masak Sendiri) – Part 2: Eksekusi
• Diet Mayo (Masak Sendiri) – Part 3: Hasil & Resep

7 thoughts on “Diet Mayo (Masak Sendiri) – Part 1: Persiapan

  1. joeyz14 says:

    Hi salam kenal ya… duhhh ini dah lama bangt rencana mau diet mayo.mumpung libir panjang mau coba tp cari mwnu yg ga menyiksa lidah. Thank u infonya. Mau coba pesan si bumbu2an mayomalang itu juga deh.tq yA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s